;

Rabu, 04 Juni 2008

PROFIL BENIH KELAPA SAWIT UNGGUL TOPAZ-RIAU


Group bisnis Asian Agri, melalui PT.Tunggal Yunus Estate - Oil Palm Research Station, Topaz sebagai salah satu produsen benih kelapa sawit di Indonesia telah ikut serta mewujudkan pembangunan sistem dan usaha agribisnis kelapa sawit yang efisien, produktif dan berdaya saing tinggi yaitu dengan menyediakan benih bermutu secara berkelanjutan.

Kebun benih kelapa sawit “Oil Palm Research Station (OPRS)” Topaz-Riau telah mulai dirintis sejak tahun 1992 dengan seleksi dan persilangan pohon induk di Costa Rica. Selanjutnya, pohon induk yang dihasilkan ditanam di kebun Topaz pada tahun 1995 sejumlah lebih dari 23.000 pohon dura Deli, dan lebih 2.000 pohon pisifera dari 36 projeni TxP dan 36 klon pisifera

Sebagai produsen benih kelapa sawit, OPRS Topaz bertujuan untuk menghasilkan bahan tanaman kelapa sawit dengan produktivitas minyak yang tinggi dan mempunyai keunggulan sekunder yang diperoleh melalui aktivitas pemuliaan yang sistematis dan berkelanjutan.

Program pemuliaan dilakukan dan didukung oleh pakar yang telah berpengalaman di bidang penelitian kelapa sawit baik dari dalam maupun luar negri.

Melalui serangkaian penelitian yang panjang, varietas unggul kelapa sawit DxP Topaz telah memperoleh izin pelepasan varietas sesuai surat keputusan Menteri Pertanian RI No.57,58,59,dan 60/KPTS/SR,120/I/2004, masing-masing tertanggal 16 Januari 2004.

Dalam melakukan proses seleksi benih, Asian Agri menggunakan tetua dura terseleksi sejumlah 228 keturunan inbred lines dura Deli (DxD) yang berasal dari lembaga riset ternama seperti Mardi Serdang (Malaysia), OPRS Banting (Malaysia), OPRS Dami (Papua New Guinea), Stasiun Riset Chemara (Malaysia), Socfin Johor Labis (Malaysia), dan San Alejo (Honduras), serta tetua pisifera terseleksi sejumlah 50 keturunan yang berasal dari AVROS H&C (Malaysia), AVROS Dami (PNG), Ghana & Nigeria (Kade-Ghana), Ekona, La Me dan Yangambi (IRHO / CIRAD).

Proses pengumpulan tepung sari dari tetua pisifera dan penyerbukan pada bunga betina dilakukan dengan ketelitian yang sangat tinggi. Kemudian dilanjutkan dengan menjaga kemurnian benih yang dihasilkan.

Standar seleksi yang tinggi dan kontrol kualitas yang ketat akan memberikan jaminan bahan tanaman yang dihasilkan berkualitas tinggi .Jaminan kualitas diwujudkan melalui implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000, selain itu untuk jaminan ramah lingkungan, Asian Agri Group telah menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:2004.

Penelitian telah dilakukan oleh OPRS Topaz terhadap sejumlah 440 projeni DxP yang berasal dari persilangan antara 223 dura Deli dengan 50 pisifera pada 3 lokasi dengan jenis tanah berbeda yaitu : tanah organik / alluvial, gambut dangkal dan gambut dalam, dengan luas areal percobaan lebih dari 600 hektar di Sumatera Utara dan Riau dengan total areal seluas 25 % berada di tanah organik/ alluvial dan 75 % pada tanah gambut.

Selain mampu beradaptasi dengan baik pada lahan gambut, benih DxP Topaz juga memiliki potensi hasil minyak yang tinggi, produksi TBS yang tinggi mulai panen pertama (29 bulan setelah tanam), rendemen minyak yang tinggi, pertumbuhan meninggi yang lambat, toleran terhadap kekeringan, tahan terhadap penyakit Fusarium Wilt.

Hasil pengujian varietas DxP Topaz di lahan gambut Topaz-Riau menunjukkan bahwa pada tanaman yang ditanam bulan Mei 2003 pada tahun 2006/2007 telah mampu menghasilkan rata-rata 27,6 ton TBS/ha/thn (TM-2).


Tetua-tetua dura yang terpilih untuk menghasilkan benih adalah dari keturunan dura Deli yang dikembangkan di lembaga riset Dami, Chemara, Harrisons & Crossfield, sedangkan tetua tetua pisifera terpilih adalah keturunan Nigeria, Ekona, Ghana, dan Yangambi. Pada tahun 2004 produksi benih sekitar 2,5 juta kecambah, dan ditingkatkan hingga mencapai 12 juta kecambah pada tahun 2008.

Dalam rencana untuk meningkatkan potensi produksi yang tinggi, OPRS Topaz melanjutkan program pemuliaan dengan menggunakan kajian secara bioteknologi dan mulai melaksanakan kloning pohon-pohon terpilih (unggul) dan perbanyakan tanaman melalui teknik kultur jaringan.

Untuk pemesanan/info selanjutnya, hubungi:
ASIAN AGRI/TUNGGAL YUNUS
Uniplaza Building 6th Floor, East Tower
Jl. Letjen. Haryono MT No. A-1 Medan
20231
Tel. : 061 - 4532388
Fax : 061 - 4532095

Jl. Sukarno Hatta No. 9 Pekanbaru 28000, Riau
Telp. : 0761 - 571228
Fax : 0761 - 571520

13 komentar:

Anonim mengatakan...

Kita ingin mencoba melakukan pembibitan dalam skala yang kecil, dimana kita dapat memesan bibit Topaz 1-4 yang berbentuk biji/kecambah. Tolong balasannya kalau bisa nama emailnya sekalian.

terima kasih atas diperhatikannya komentar kita ini.

Anonim mengatakan...

simply stopping by to say hello

Rino mengatakan...

Saya mau beli untuk partai kecil kira-kira,... 5kampit kecambah apa bisa,...
Dan apa saya dapat sertipikat nya.

Unknown mengatakan...

Kami mau beli untuk 3 hektar tanah.. bagaimana cara membwlunya dan syarat2xnya.. dari padang lawas sumatera utara


Mohon info ke email kami
marzan.has@gmail.com

Terima kasih

Unknown mengatakan...

Kami ingin membeli

Unknown mengatakan...

Saya kepingin tanya, setelah berumur 6-8 tahun ( TM 4-5) berapa sebenarnya spriral pelepah daun sawit dari bibit topaz ini ?

Unknown mengatakan...

Mohon info kami ke almat emmail.
nuradensonny@gmil.com.

Unknown mengatakan...

Mohon info kami ke almat emmail.
nuradensonny@gmil.com.

haries siregar mengatakan...

Bagaimana cara pesan bibit sawit topaz 1-4 dan brp minimal pemesanannya?

Mohon info ke hariessiregar@gmail.com

Iin Saputra mengatakan...

Sy ada rencana mau beli bibit topaz 3. Berapa info harga bibit siap tanam dan estimasi ongkir ke pulau bengkalis
Mohon info nya ke batubarta@gmail.com

Unknown mengatakan...

Gmana cara pesan ny mohon info ke dholeck85@gmail.com

Unknown mengatakan...

Cara beli kecambah topaz unt petani kecil seperti kami gimana pak/bu..mohon infonya

Email imron0807@gmail.com

Thx

petaniberdasi19@gmail.com mengatakan...

yang mau beli bibit topaz siap tanam boleh berkabar ke saya, bibit bersertifikat resmi wa 082370841691