;

Selasa, 24 Juni 2008

PEMURNIAN KEBUN ENTRES KARET JAMINAN KUALITAS ENTRES


Permunian merupakan syarat penting untuk menjamin kebun entres dapat menghasilkan entres yang sesuai dengan klon yang ditentukan (murni). Idealnya sebuah petak atau plot kebun entres hanya memiliki 1 jenis klon. Namun ketidakmurnian bisa saja terjadi karena tumbuhnya tunas palsu pada tanaman di kebun entres, tercampur klon lain saat okulasi di pembibitan, bongkar bibit, dan saat tanam. Atau entres yang digunakan sejak awal tidak murni.

Pemurnian dilakukan sebelum kebun entres dipanen atau saat tanaman berumur maksimal 1 tahun. Bila sudah terlanjur dipanen, maka pemurnian dilakukan umur 1 tahun setelah pemotongan. Ketika akan dimurnikan kebun entres dalam kondisi bersih. Pemeliharaan dilakukan sesuai dengan standar teknis budidaya karet dan masing-masing klon ditanam pada plot yang berbeda.

Bagaimanakah pemurnian itu dilaksanakan? Langkah awal adalah mengamati setiap batang berdasarkan ciri-ciri morfologi masing-masing klon. Kemudian tanaman sesuai plot klon dibiarkan namun yang tidak sesuai plot klon termasuk seedlingnya/semaian diberi tanda untuk dibuang/diganti dengan yang sesuai. Penandaan menggunakan cat agar tidak mudah hilang terkena hujan. Setelah pemurnian tanaman yg diberi tanda harus segera dibuang/diokulasi bertingkat sesuai dengan klonnya sebelum entres dipakai.

Permunian sebaiknya dilaksanakan dengan supervisi Pusat atau Balai Penelitian Karet. Dan setelah dimurnikan maka kebun entres tersebut layak memproduksi entres karet.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pemurnian kebun entres dapat menghubungi
Balai Penelitian Karet Sembawa
Jl. Raya Palembang - Sekayu Km. 29,
PO Box 1127
Palembang 30001 - Sumatera Selatan
Telp: 0711 - 361793, 367967 Fax: 0711 - 312182
E-mail: irri-sbw@mdp.net.id

Tidak ada komentar: