;

Jumat, 13 Juni 2008

DEPTAN LEPAS TIGA VARIETAS BARU BENIH SAWIT


Departemen Pertanian melepas tiga varietas baru benih kelapa sawit pada tahun 2008, yaitu DxP Bah Lias 3, DxP Bah Lias 4, dan DxP TN1, sehingga sampai dengan saat ini varietas yang telah dilepas oleh Deptan sebanyak 37 varietas kelapa sawit.

“Varietas DxP Bah Lias 3 dan DxP Bah Lias 4 dihasilkan oleh para pemulia PT. PP London Sumatera Tbk, sedangkan varietas DxP TN1 dihasilkan oleh para pemulia PT. Bakti Tani Nusantara,” kata Dirjen Perkebunan Departemen Pertanian Achmad Mangga Barani dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (28/5).

Ke-37 varietas tersebut telah dilepas oleh delapan perusahaan diantaranya Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) sebanyak 12 varietas, PT. Socfindo 2 varietas, PT. PP London Sumatera 4 varietas, PT. Dami Mas Sejahtera 5 varietas, PT. Tunggal Yunus Estate 4 varietas, PT. Bina Sawit Makmur 6 varietas, PT.Tania Selatan 3 Varietas dan Pt. Bakti Tani Nusantara sebanyak 1 varietas.

Varietas DxP Bah Lias 3 potensi produksi CPO mencapai 8,5 +_2,67 ton/hektar/tahun, DxP Bah Lias 4 potensi produksi CPO mencapai 8,6+_2,49 ton/hektar/hari sedangkat DxP TN 1 potensi produksi CPO mencapai 6,69+_0,9 ton/hektar/tahun.

Khusus PT.PP London Sumatera dan PT Bakti Tani Nusantara agar segera memproduksi benih dari varietas yang telah dilepas sesuai dengan proses produksi benih yang baik dan memberikan prioritas utama untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atau pengembangan perkebunan kelapa sawit rakyat.

Kedepan, riset dan pemuliaan diarahkan untuk menghasilkan varietas yang mempunyai karakter tertentu sesuai tuntutan lingkungan dan konsumen seperti cocok untuk lahan kering, untuk lahan gambut, mempunyai kandungan unsur tertentu seperti beta karoten tinggi, produksi CPO tinggi, umur produksi yang lebih lama, kerapatan pohon yang lebih banyak sehingga efisien terhadap penggunaan lahan dan mempunyai daya saing yang tinggi.

Diharapkan dengan diproduksinya benih tiga varietas baru ini maka kemampuan untuk menghasilkan benih dalam negeri akan bertambah, sehingga pada tahun tahun mendatang tidak perlu mengimpor benih karena kualitas yang dihasilkan di dalam negeri sudah semakin meningkat.

Menurutnya, Indonesia merupakan produsen benih kelapa sawit terbesar di dunia dengan produksi sekitar 167 juta kecambah pertahun, namun karena kebutuhan benih cukup tinggi sehingga perlu peningkatan kuantitas dan kualitas terutama untuk menghasilkan varietas unggul baru dan menambah sumber benih baru.

Tapi di sisi lain, Indonesia juga merupakan pengimpor benih sawit tertinggi di dunia karena kebutuhan benih sawit di dalam negeri melebihi produksi dalam negeri
Untuk mencapai target 167 juta benih tersebut ia akan mendorong dan memaksimalkan kemampuan ketujuh perusahaan ditambah satu perusahaan yang akan diloloskan untuk memproduksi benih varietas sehingga dapat menghasilkan benih sebanyak 167 juta benih.

Benih yang tersedia di dunia hanya sekitar 280 juta yang diproduksi oleh beberapa Negara seperti Indonesia menghasilkan produksi sekitar 167 juta benih, Malaysia sekitar 60 juta benih, Costarika 25 juta benih, Papua Neugini sekitar 15 juta dan negara lainnya sekitar 13 juta.

Dari seluruh produsen benih kelapa sawit di dunia Indonesia merupakan produsen terbesar di dunia, pada tahun 2004 – 2005 sebagian benih kita belum melakukan kawin persilangan karena pada tahun tersebut permintaan benih belum begitu banyak sehingga tidak banyak menghasilkan benih, tetapi sekarang perkawinan silang sudah dilakukan untuk menghasilkan produksi benih yang banyak tetapi masih kurang karena banyak permintaan. (Sumber: Kominfo 28/5/2008)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Kami Sebuah perusahaan yang salah Satu Divisi besarnya bergerak di bidang Penyediaan Pupuk Pertanian, Perkebunan, Tambak Dan Peternakan khususnya pupuk Organik Dengan Merk SMS Agrobost. Bagi Anda Perorangan maupun korporat yang membutuhkan Produk ini kami bisa menyediakan atau menyuplainya dalam jumlah yang besar, berkesinambungan dan dengan Harga yg Negotiable sesuai dengan jumlah permintaan Anda.

lihat poduk kami di
http://indonetwork.co.id/agrobost-jogja
contact person: 08885971966

PRODUK INI TELAH TERBUKTI…
BANYAK PETANI, PETERNAK DAN PETAMBAK YANG TELAH MEMBUKTIKANNYA…