;

Sabtu, 29 November 2008

SULAWESI 1 DAN 2 VARIETAS KAKAO UNGGUL KHAS CELEBES


Jika Sumatera terkenal dengan kelapa sawit maka Sulawesi terkenal dengan Kakaonya. Bahkan pulau yang punya nama lain Celebes ini, saat ini memiliki varietas kakaonya sendiri yakni Sulawesi 1 dan Sulawesi 2. Konon kedua jenis varietas ini sudah dikenal petani lebih dari 30 tahun.

Berdasarkan data yang dilansir Mars Symbioscience potensi buah untuk Sulawesi 1 bisa mencapai 1,8 – 2,5 ton/ha pada tahun ke 5, nilai buah 23, kadar lemak 53 persen. Sedangkan Sulawesi 2 potensi produksi buahnya bisa mencapai 1,8 – 2,7 ton/ha pada tahun ke-5, nilai buah 2 dan kadar lemak 45 – 47 persen. Untuk ketahanan hama Sulawesi 1 memiliki keunggulan istimewa karena relatif tahan dengan hama VSD yang meresahkan petani kakao di Indonesia namun sulawesi 2 agak rentan.

Konon kedua varietas ini sudah menyebar secara luas di kalangan petani di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat. Kualitas biji kakao yang dihasilkan varietas tersebut juga cukup mengembirakan. Menurut Gubernur Sulawesi Barat, dalam presentasinya di depan Sidang pelepasan varietas di Jakarta (27/11), biji kakao Sulawesi paling diminati importir Malaysia.

Agar tidak menjadi benih ilegal maka empat Pemerintah Daerah dari Sulawesi mengusulkan varietas Sulawesi 1 dan 2 untuk ditetapkan menjadi benih bina dalam sidang pelepasan varietas. Pada sidang yang dilaksanakan tangga 27 Nopember 2008 bertempat di Ruang Rapat Lt 1, Gadung C, Kantor Pusat Deptan-ragunan, Tim peninjau memutuskan melepas kedua varietas tersebut. Dan akan sah menjadi benih bina setelah mendapatkan SK dari Menteri Pertanian.

Setelah menjadi benih bina kedua varietas tersebut dapat disebarluaskan secara komersial sebagai bahan tanam. Pemerintah Daerah Sulsel, Sulbar, Sultra dan Sulteng menjadi pemilik varietas Sulawesi 1 dan 2 tersebut yang rencananya akan membangun kebun induk di wilayah masing-masing.

5 komentar:

Moelak Ulu mengatakan...

slm kenal,....
mau tanya gimana biar gampang cari bibit kakao klon ICCR1, kalau bisa bantu kita, mau coba2 tanam kakao unggul, thanks!

Moelak Ulu mengatakan...

berapa harga klon unggul ICCR1, dimana cri bibitnya saya tinggal dipalembang beri informasi ke kita...

admin mengatakan...

untuk sementara bibit kakao ICCRI hanya bisa didapatkan di puslitkoka jember, alamatnya dan telp, ada di blog ini. Caranya cukup buat surat tertulis di fax untuk pemesanan nanti akan ditanggapi

ken sasakura mengatakan...

salam kenal.,
aku mau tanya nih.,
ada nggak web yang menjelaskan tentang coklat varietas S1 dan S2.
oia, dengan ICS 60??
mohon bantuannya.
terima kasih :)

Tuanku Muhammad Rizal mengatakan...

ada silahkan kinjungi my blog