;

Rabu, 15 Oktober 2008

WARALABA: PELUANG MASYARAKAT BERUSAHA BENIH

Kendati saat ini ada banyak perusahaan perkebunan besar yang turut mengembangkan sayap bisnisnya ke perbenihan, ternyata kebutuhan benih untuk memenuhi permintaan masih belum cukup, khususnya untuk benih kelapa sawit. Karena itu, dibuka kesempatan masyarakat untuk ikut serta dalam penyediaan benih melalui program waralaba.

Seperti waralaba lainnya, waralaba benih merupakan cara yang dapat ditempuh oleh pemilik varietas dalam mendapatkan izin penggunaan, pemanfaatan dan hak cipta kepada penerima waralaba atau penangkar benih. Hal ini sejalan dengan UU No. 29 tahun 2002 tentang perlindungan sistem varietas tanaman (PVT)

Dalam sistem ini, Puslit atau pemilik varietas memberi izin dan memberikan bimbingan teknis kepada penangkar. Namun para penangkar wajib mengikuti semua petunjuk teknis tersebut.

Penangkar akan memberikan sebagian keuntungannya kepada pemilik varietas sebagai royality. Dengan demikian, ada pemasukan bagi peneliti atau Puslit atau Balit, sehingga dapat menciptakan varietas atau klon unggul baru yang pada akhirnya akan kembali kepada konsumen.

Dengan sistem waralaba ini, ketesediaan benih atau bibit unggul bermutu dapat terjamin dengan lima tepat, yaitu tepat varietas, tepat mutu, tepat jumlah, tepat lokasi dan tepat waktu dengan harga yang terjangkau oleh petani.

Lebih-lebih jika waralaba tersebut dilakukan oleh pemerintah daerah dengan pemilik varietas. Harga dapat disubsidi oleh pemda bahkan gratis. Cara ini pada akhirnya akan membeirkan pemasukan lebih besar pada pendapatan Asli daerah (PAD) melalui pajak-pajak. Setelah tanaman berproduksi tentunya. Dan waralaba dapat dilakukan baik untuk penemuan atau penciptaan varietas unggul baru atau pembangunan kebun induk maupun penyediaan benih sebar. Dan banyak penangkar yang sudah menikmati keuntungan dari sistem waralaba termasuk pewaralaba benih kelapa sawit.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

terimakasih atas informasi "WARALABA: PELUANG MASYARAKAT BERUSAHA BENIH"

Anonim mengatakan...

iklanbarisgratistopokeh thank infonya.