;

Senin, 06 Oktober 2008

PT. ASTRA AGRO LESTARI AKAN MENGEMBANGKAN KEBUN INDUK KELAPA SAWIT


PT. Astra Agro Lestari melalui anak perusahaannya PT. Gunung Sejahtera Ibu Pertiwi (GSIP) tengah membangun Kebun Induk Kelapa Sawit. Pembangunan ini dilaksanakan melalui kerjasama model waralaba dengan Pusat Penelitian Kelapa Sawit Medan. Dimana penandatangannya MoU antara PPKS Medan dan pihak PT. Astra Agro Lestari telah dilakukan pada tahun 2006 yang lalu.

Kebun induk ini rencananya akan dibangun di Kabupaten Kotawaringin seluas 15 ha untuk mencapai target produksi 5 juta kecambah. Dimana materi genetik yang akan dikembangkan menjadi pohon induk merupakan duplikasi materi genetik milik PPKS Medan. Disamping itu, juga akan dibangun seed processing unit (SPU) di Pangkalanbun Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah sebagai infrastruktur pendukung dalam processing benih.

Sebagai pemilik materi genetis yang akan digunakan dan dikembangkan sebagai pohon induk, PPKS Medan dalam hal ini akan bertindak sebagai supervisior dan evaluator dalam pembangunan Kebun Induk ini. Tujuannya agar Kebun Induk ini nantinya dapat menghasilkan benih kelapa sawit yang unggul dan bermutu.

Proses pembangunan kebun induk diperkirakan bakal memakan waktu yang cukup panjang dengan berbagai proses pengujian dan perbaikan. Ditarget kebun ini mulai akan memproduksi benih pada tahun 2027. Inipun jika berdasarkan penilaian dari Pusat Penelitian Kelapa Sawit Medan dan Direktorat Jenderal Perkebunan kebun induk tersebut layak ditetapkan sebagai sumber benih kelapa sawit, yang disahkan melalui Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang.

Untuk memperkaya keragaman genetik di KI PT. Gunung Sejahtera Ibu Pertiwi, kedepannya akan dijajaki kemungkinan menggunakan pohon induk milik sumber benih lainnya di Indonesia maupun di luar negeri. Tujuannya agar PT. Gunung Sejahtera Ibu Pertiwi dapat juga menghasilkan varietas unggul dengan karakter yang berbeda dari varietas yang ada. Serta untuk menghasilkan varietas baru dengan karateristik sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Melalui upaya PT. Astra Agro Lestari melalui anak perusahaannya PT. Gunung Sejahtera Ibu Pertiwi (GSIP) mengembangkan Kebun Induk Kelapa Sawit diharapkan masalah keterbatasan benih kelapa sawit seperti yang terjadi akhir-akhir ini dapat diatasi di masa yang akan datang. Dan sebagian besar kebutuhan benih dapat dipenuhi melalui produksi dalam negeri.
(Dapatkan CD Info Lengkap Benih Sawit)

Tidak ada komentar: