;

Rabu, 01 Agustus 2007

TEKNOLOGI BIO-FOB


Bio-FOB, adalah formula dengan bahan aktif (b.a) spora Fusarium oxysporum non patogenik (Fo. NP). Untuk aplikasi dilapangan telah disiapkan 4 macam formula yang sudah dipaten pada Ditjen HAKI yaitu : a. Bio-FOB EC : formula berbentuk cair mengandung spora Fo.NP 10 6 cfu/ml dengan kemasan 1 liter. b. Bio-FOB WP : formula berbentuk tepung (powder) mengandung spora Fo.NP 10 6 cfu/g dengan kemasan 1 lb. C. Organik-FOB : formula berbentuk bahan organik. mengandun spora Fo.NP 10 6 cfu/g dengan kemasan 10kg. D. Biof MA (Cocobiofob) : formula yang dikemas dalam three in one dengan kemasan 1kg/bungkus terutama digunakan untuk benih tanaman berbiji seperti ; tomat, tembakau, cabe, melon, semangka dll.

KEGUNAAN. Hasil observasi dapat diketahui kegunaan formula pada tanaman antara lain : 1) Menginduksi/meningkatkan ketahanan tanaman terhadap infeksi patogen penyakit terutama yang disebabkan oleh cendawan. 2) Menyeleksi bibit yang telah terinfeksi oleh patogen, sehingga mencegah peluang patogen penyakit terbawa kelapanan.3) Menghasilkan bib it yang bermutu dan bebas patogen penyakit. 4) Merangsang pertumbuhan dan produktivitas tanaman.

MEKANISME KERJA: 1) Induksi Fo.NP dapat mengaktifkan secara cepat berbagai mekanismie resistensi tanaman, diantaranya akumulasi fitoaleksin, dan peningkatan aktivitas beberapa jenis enzim penginduksi seperti ß-1,4-glukosidase, chitinase dan ß-1-3-glukanase. 2) Senyawa fitoaleksin yang dihasilkan adalah sustansi antibiotik yang diproduksi oleh tanaman inang apabila ada infeksi patogen atau pelukaan. 3) Induksi Fo.NP meningkatkan terbentuknya hormon tumbuh seperti IAA dapat mempercepat dan meningkatkan produksi pada beberapa tanaman.

MUTU. 1) Proses produksi dikerjakan oleh teknisi BALITTRO yang telah berpengalaman dibawah pengawasan langsung penemu/peneliti Bio-FOB. 2) Kultur yang digunakan secara periodik dimurnikan dan dijaga kwalitasnya serta dikoleksi di laboratorium Fitopatologi BALITTRO, Bogor. 3) Viabilitas Bio-FOB disimpan dalam suhu kamar/ruangan dapat bertahan sampai 2-3 tahun.

TRAINING. Terdapat kesempatan untuk mengikuti training penguasaan teknologi Bio-FOB dengan menghubungi Balitro atau langsung kepada Bapak Dr. Ir. Mesak Tombe APU melalui ke (0251) 319605, HP.0856928381264 atau melalui email ke meori_agro@yahoo.co.id

Tidak ada komentar: