;

Senin, 30 Maret 2009

TEBU UNIK MILIK P3GI


Adakah tanaman tebu yang bisa memproduksi ”susu”? Ada. Tanaman tebu jenis ini menjadi koleksi dari Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia. Nira dari tebu ini memiliki aroma seperti susu. Mungkin bagi Anda yang suka aroma khas susu bakal terkecoh dengan susu tebu.

P3GI merupakan satu-satunya Pusat Penelitian Gula dibawah naungan Departemen Pertanian. Dan salah satu fungsinya mencari dan menghasilkan varietas atau bahan tanam yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Nah, di kebun koleksi milik P3Gi terdapat ratusan jenis tanaman tebu, yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Dan sebagian besar jenis tebu ini adalah ditujukan untuk menghasilkan gula.

Namun P3GI juga memiliki bahan tanam unik yang tidak selalu untuk menghasilkan gula. Seperti halnya yang sudah disebutkan di atas. Disamping itu P3GI juga memiliki berbagai jenis tanaman tebu yang cocok digunakan sebagai bahan baku minuman. Tebu ini bisa menghasilkan nira dengan aroma khas tebu yang menyegarkan.

Namun sarinya tersebut tidak menjadi coklat ketika diperas, alias jernih. Hebatnya beberapa jenis tebu khusus ini malah memiliki anti diabet. Jadi meskipun manis cocok dikonsumesi orang yang terkena penyakit DM.

Ada juga jenis-jenis tebu yang cocok digunakan untuk bio-ethanol. Sehingga cocok bagi industri bahan bakar nabati.

Dan masih banyak lagi varietas unggul tebu unik milik P3GI. Bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja tebu-tebu tersebut bisa mengunjungi P3GI, yang berlokasi di Pasuruan Jawa Timur.

Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI)
Jl. Pahlawan 25. Pasuruan 67126 - Jawa Timur.

2 komentar:

RAYNOR GROUP mengatakan...

Tolong saya dikirimkan nama - nama varietas tebu unik yang dimiliki oleh P3GI ?
trim

PBT mengatakan...

Sebagian besar Varietas tebu yang beredar di masyarakat hasil dari P3Gi dengan nama depan PS, mengenai varietas unik mungkin Bapak bisa langsung berhubungan dengan Bapak Eka, senior breeder di P3GI