;

Kamis, 12 Maret 2009

DxP TN 1 VARIETAS SAWIT UNGGUL PT. BHAKTI TANI NUSANTARA


Jika ingin mendapatkan tanaman sawit yang memiliki produksi yang tinggi maka varietas sawit jenis DxP TN 1 adalah pilihannya. DxP TN 1 diproduksi oleh PT. Bhakti Tani Nusantara, ditetapkan sebagai sumber kelapa sawit di Indonesia pada tahun 2008 yang lalu.

Sawit DxP TN memiliki kelebihan antara lain memiliki potensi produksi hingga 35,4 ton TBS/ha yang sudah dapat dicapai pada TM-4. Dengan rendemen CPO mencapai 30,7 %.

Tandan perpohon diperkirakan dapat mencapai 20 tandan/pohon/tahun. Sedangkan untuk buah beratnya adalah sekitar 13,5 gram per buah dengan rasio mesokarp per buah 81% sedangkan inti per buah 6,3%.

Gambar. Tanaman DxPTN1 tidak cepat meninggi

Mutu minyak yang dihasilkan cukup baik, dengan kandung asal lemak jenuhnya antara lain asam miristat 1,72 %, asam palmitat 54,08 %, asam stearat 5,12 %. Sedang kandungan asam lemak tak jenuh antara lain asam oleat 27,91 %, asam linoleat 10.41 %, asam linolenat 0,34 %, Iodine Value 57,6.

Menariknya lagi bahan tanam ini cukup mampu beradaptasi baik pada lahan Klas III. Atau boleh dikatakan tanah-tanah marginal yang tidak terlalu cocok untuk pertanaman sawit.

Materi genetik Dura dan Tenera/Pisifera yang ada di PT BTN merupakan hasil rekombinasi dari tetua-tetua terbaik pada program pemuliaan yang dilakukan di Socfin dan Sasaran Ehsan Utama (SEU), Malaysia. Dimana DxP TN 1 dihasilkan dari persilangan antara Dura Deli - Johor Labis dengan Pisifera AVROS turunan SP 540 T x Pisifera Bangun.

Untuk memesan benih DxP TN tentunya dengan terlebih dahulu mendapatkan mengeluarkan Surat Persetujuan Penyeluran Benih Kelapa Sawit (SP2BKS). Kemudian melakukan pemesanan secara tertulis ke PT. Bhakti Tani Nusantara yang berlokasi di Kepulauan Riau.

PT. BAKTI TANI NUSANTARA
Jl. Ampera No. 97
Tanjung Balai Karimun
Kepulauan Riau
Telp. 0777325042
Fax. 0777325043

2 komentar:

Leadershipstreet Indonesia mengatakan...

artikel yang bagus dan bermanfaat. sukses selalu

Unknown mengatakan...

Berapa harga/butir nta