;

Rabu, 28 April 2010

TIGA VARIETAS BARU TANAMAN PERKEBUNAN DILEPAS

Tim Penilai dan Pelepas Varietas (TP2V) melepas 3 varietas baru pada Sidang Pelepasan Varietas yang diadakan pada tanggal 23 April 2010. Ketiga varietas tersebut adalah D x P G2, varietas kelapa sawit milik Dami Oil Palm Research Station Papua New Guinea, PNG,D x P PPKS 239 , juga varietas kelapa sawit milik Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan dan BP 416 A, varietas kopi milik Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Jember.

Sedangkan 3 varietas lainnya yang turut diusulkan pada sidang tersebut oleh Tim tidak dilepas pada kesempatan ini karena adanya kekurangan yang perlu diperbaiki oleh pihak pengusul. Adapun ketiga varietas tersebut adalah Varietas Pala Sukabumi, Jambu Mente Muna dan Kemiri Sunan.

Varietas D x P G2 dilepas dengan pertimbangan memiliki produtivitas yang tinggi dan memiliki kinerja yang baik ketika ditanam di wilayah Indonesia. Varietas D x P PPKS 239 dilepas dengan pertimbangan produksi tinggi dan hasil minyak khususnya PKO cukup tinggi. Sedangkan BP 416 A oleh Tim dinyatakan layak untuk dilepas dengan pertimbangan produksi tinggi, tahan penyakit karat daun dan memiliki citra rasa yang khas.

Benih dari ketiga varietas ini mulai dapat digunakan secara luas setelah dikeluarkannya SK Penetapan Benih Bina oleh Menteri Pertanian sebagai tindak lanjut dari pelepasan varietas ini. Sehingga ke depannya penyediaan benih bermutu bagi masyarakat dapat ditingkatkan.
Sumber: Direktorat Perbenihan dan Sarana Produksi

1 komentar:

alif mengatakan...

mudah-mudahan dengan dilepasnya varietas ini bisa meningkatkan produktivitas