;

Jumat, 23 April 2010

VARIETAS SAWIT D x P PPKS 239, HIGH CPO, HIGH PKO

Adakah varietas yang menjadikan petani, swasta kaya raya? Ada.!!! yang sesaat lagi sudah bisa Anda dapatkan.

D x P PPKS 239 adalah varietas PPKS yang sangat sensasional. Pasalnya seluruh indikator performan sangat baik, mulai dari produktivitas hingga kandungan CPO (Crude Palm Oil) dan PKO(Palm Kernel Oil).

Bayangkan saja dalam TM 4-6 tahun varietas ini sudah bisa mendapatkan produksi hingga 30,5 ton/ha, melejit 32,6 ton/ha pada masa tanaman tahun 6 -9. Tanaman sudah mulai berbuah umur 2 tahun dengan potensi hasil mencapai 10 ton/ha/tahun. Data ini diperoleh dari hasil penanaman pada kebun yang perawatannya medium (tidak terlalu baik juga tidak terlalu buruk). Bisa dibayangkan jika varietas ini ditanam di perkebunan dengan perawatan intensif.

Namun Anda akan semakin terkejut setelah melihat hasil produksi CPO dan PKO nya. Varietas ini dirakit bertujuan tidak hanya untuk mendapakan CPO yang tinggi juga PKO. Pasalnya PKO memiliki harga yang lebih tinggi di pasaran. Hebatnya varietas ini bisa menghasilkan Mampu produksi CPO hingga 8,4 ton/ha/tahun dan PKO hingga 0,7 – 1 ton/ha/tahun

Sehingga varietas ini cukup menguntungkan bagi industri pengolahan TBS karena produksi minyaknya cukup tinggi. Disamping itu ketebalan cangkan juga lebih besar dari varietas D x P PPKS 540 yang sudah dikenal penghasil CPO yang cukup tinggi, yang kemudian digunakan sebagai bahan bakar di pabrik.

Hal yang cukup unik lainnya dari varietas ini, pada karnelnya ada yang memiliki 2 atau tiga ruang (lihat gambar di bawah). Menariknya masing-masing ruang memiliki embrio tersendiri atau dapat menumbuhkan tunas tersendiri. Barangkali ini adalah salah satu keanehan yang tidak dijumpai pada varietas lainnya yang ada di Indonesia.



Untuk penanaman, varietas ini diajurkan ditanam dengan kerapatan 136 pohon per ha. Mengenai ketahanan terhadap organisme dan cekapan lingkungan, selama pengujian di lapanga yang dilakukan oleh PPKS ternyata tidak ditemui outbreak serangan hama dan penyakit. Serta tidak ditemukan gejala kerusakan akibat cekaman lingkungan.

D x P PPKS 239, merupakan varietas unggul teranyar dari PPKS dan disebuat generasi kedua. Varietas ini baru saja dinyatakan lulus pada sidang pelepasan varietas pada 23 April 2010 yang lalu. Rencananya akan mulai dipasarkan pada pertengahan tahun 2011 dengan target produksi 1.000.000 kecambah.

Benih ini dapat dipesan di Pusat Penelitian Kelapa Sawit Medan, mengikuti ketentuan pemesanan yang berlalu. Ingin bangun kebun? Masa sih tidak tergona mencoba varietas sensional ini?

18 komentar:

fathoni mengatakan...

dimana penjualan bibit sawit D X P PPKS 239 tersebut?

Unknown mengatakan...

Benih kelapa sawit unggul PPKS DxP 239 dapat diperoleh di Pusat penelitian Kelapa Sawit (PPKS), Indonesian Oil Palm research Institute (IOPRI) Jl. Brigjend Katamso no. 51 Medan. Informasi lebih jauh lihat www.iopri.org

M.Khairani mengatakan...

Untuk kami yang berdomisili di palembang, apakah bibit/ kecambah D X P 239 bisa kami dapatkan di balai penelitian karet di sembawa?
Trima kasih..

Newbi mengatakan...

Berapa jarak tanam D X P 239 mengingat di brosur tertulis "Panjang Pelepah" 6,5 m. Apa betul ? Terimakasih

Newbi mengatakan...

Berapa jarak tanam D X P 239 mengingat di brosur tertulis "Panjang Pelepah" 6,5 m. Apa betul ? Terimakasih

Anonim mengatakan...

numpang lapak Gan...saya Wahyu menjual bibit dan kecambah/benih karet dan sawit unggul dari Medan, kalau ada yang membutuhkan benih sawit atau karet hub 08126332919 atau lihat fb untuk contoh barang wahyu_aries@rocketmail.com

Unknown mengatakan...

kalau info tentang data pertumbuhan bibit ini dan sk pelepasan varietas nya, gimana ya?? mihon infoin kirim ke email sya ya,,
handayanijulia89@yahoo.com

Sugiarto mengatakan...

Yg cocok untuk lahan perbukitan dxp ppks 239 cocok tidak

Ppks mariahat mengatakan...

Permisi,saya menjual kecambah sawit marihat bersertifikat.
Harga 4000 perbutir menyediakan pemesana partai besar dan kecil.harga bsa nego jika ambil 6000 biji
Info
Hub 085275328367
Trims

Unknown mengatakan...

bibitnya ada lebel cap gak di batoknya?

Unknown mengatakan...

Klu mau bibit asli langsung aja ke marihat,pematang siantar. Atau ppks medan. Dan harganya Rp7.500/bijinya. Klu dapat harga di bawah itu sudah bisa di pastikan palsu. Kecuali anda belinnya 20.000 biji ada discount.

Unknown mengatakan...

Repot pak di jelaskan di sini. Yang jelas kalau mau beli yang asli wajib tunjukkan surat tanah bapak

Unknown mengatakan...

Ini alamat web nya www.iopri.org

Unknown mengatakan...

Saya pernah kirim email ke web iopri tapi tidak ada tanggapan. Gimana solusinya. Trims

Pungkas Indiyo mengatakan...

Kami dari PT. PLASTIK KARAWANG FLEXINDO berkeinginan menjalin kerja sama secara menguntungkan dengan Pelaku Perkebunan di seluruh Indonesia, khususnya guna memenuhi kebutuhan plastik polybag untuk bibit tanaman.
Dalam hal ini kami siap memberikan pelayanan Terbaik dengan HARGA SPESIAL ( lebih kompetitif ), PENGIRIMAN TEPAT WAKTU dan produk PLASTIK yang BERKUALITAS.
Kami adalah produsen plastik LDPE, HDPE, PP dan plastik warna hitam berupa: Pembungkus / polybag, Kantong, Kemasan, Stretch Film (Wrap), Pelapis dll. (polos / printing rotogravure).
Terima Kasih.

Ttd.

Pungkas Indiyo
(Hp: 081286093327 / WA: 089604407646, Email: Plastikkarawang.market@gmail.com)

Unknown mengatakan...

Kalo surat keterangan tanah apa bisa digunakan untuk mengajukan pembelian tanah bu.
Bisa japri bu di 081345041712 ini juga bisa WA.
Trims .

Unknown mengatakan...

Bagaimana cara memesanny

Unknown mengatakan...

Cocok di lahan seperti apa tanah mineral gambut dll