;

Kamis, 01 April 2010

KARANG PLOSO 14 VARIETAS UNGGUL KENAF


Saat ini kenaf mendadak naik daun. Pasalnya serat tanaman semusim tersebut dimanfaatkan sebagai bahan baku pulp untuk industri otomotif. Serat kenaf dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan trim mobil. Di Jepang dan Amerika, serat kenaf banyak digunakan untuk lapisan dalam mobil dan kursi mobil-mobil mewah. Adapun bagian kenaf yang digunakan untuk menghasilkan serat adalah kulit batang.

Menariknya di Indonesia bahan tanaman unggul tersedia salah satunya varietas Karang Ploso 14. Varietas ini merupakan benih bina milik Balai Penelitian Tembakau dan Serat (Balittas) Malang. Adapun keunggulan dari Karang Ploso 14 antara lain memiliki potensi hasil 2,75 – 4,5 ton/ha, dimana varietas ini sudah bisa dipanen pada umur 120 – 140 hari.

Hasil seratnya juga cukup baik. Yakni memiliki panjang serat 260 – 375 cm, dengan kekuatan 22,19 – 28,89 G/Tex. Warga serat putih, halus dan mengkilat. Sehingga dapat dikatakan cukup baik atau masuk dalam kategori Grade A.

Bahan tanam Karang Ploso 14 dapat diperoleh di Balittas Malang. Sementara ini belum ada produsen benih lain yang menghasilkan benih unggul selain Balai Penelitian tersebut.

5 komentar:

Andrian Enterprise mengatakan...

emmm......
lumayan bagus sie tp juga ada yang lain
kayak KR 9 m KR 11

Anonim mengatakan...

Apakah sudah ada varietas terbaru? Dan dimana bisa mendapatkan bibitnya. Terima kasih. HERI 085289546414

The Touch of love mengatakan...

assalamu'alaikum sobat, saya dari riau,sangat berminat tuk mengembang kan kenaf ini, tapi saya kesulitan mencari bibit dan pemasaran nya, ada solusi gak?

The Touch of love mengatakan...

assalamu'alaikum sobat, saya dari riau,sangat berminat tuk mengembang kan kenaf ini, tapi saya kesulitan mencari bibit dan pemasaran nya, ada solusi gak?

knaf di lahan kapur mengatakan...

bisa gak knaf ditanam di lahan bukit kapur krn ada lahan seluas 35 Ha yang bisa kita manfaatkan di madura..... atau ada ide lahan tersebut dipakai tanaman apa yg menguntungkan