;

Senin, 19 April 2010

KELAPA UNIK ASAL KALTIM


Percayakah Anda jika ada kelapa yang sabutnya bisa dijadikan sayuran. Dan air nya memiliki rasa “segar” seperti softdrink?

Ternyata semua keunggulan tersebut ada pada kelapa unik asal Kalimantan Timur. Masyarakat setempat menyebut dengan nama kelapa Tapisan yang hanya dijumpai di Pulau Derawan Kabupaten Berau.

Menurut informasi dari petugas dari Dinas Perkebunan Kalimantan Timur yang pernah mengunjungi pulau Derawan , air kelapa unik itu memiliki rasa seperti “sprite”, merek salah satu minuman ringan. Segar dan rasanya manis bercampur asam, di lidah terkecap seperti bersoda.

Sedangkan sabut dari buah kelapa yang masih muda oleh masyarakat setempat dioleh menjadi sayuran. Rasanya cukup lezat jika diolah dengan tepat.

Sebagaimana kelapa dalam pada umumnya, tanaman ini bisa berbuah sampai 25 tahun. Dan buahnya digunakan untuk menghasilkan santan atau minyak kelapa.

Namun masyarakat setempat belum membudidayakan tanaman ini secara intensif. Tanaman tersebut tumbuh secara alamiah di pinggir pantai, di kebun masyarakat atau di kawasan hutan.

Oleh karena jumlahnya yang semakin langka maka pemerintah Kalimantan Timur berupaya melestarikan tanaman ini. Yakni, dengan melakukan perbanyakan dari pohon induk terpilih.

Namun kedepan Pemda Kaltim akan mengusulkan kelapa ini agar ditetapkan sebagai varietas bina. Sehingga kemudian dapat disebarluaskan dan ditanam di wilayah lainnya di Indonesia.

3 komentar:

www.kebonadem.com mengatakan...

Artikel yang menarik. Mohon ijin saya copas di blog saya : www.kebonadem.com

PBT mengatakan...

Silakan pak

Unknown mengatakan...

saya juga izin copas di blog saya ya pakk...artikel yang menarik