;

Kamis, 26 Februari 2009

BENIH JARAK PAGAR BERMUTU PRODUKSI SINAR MAS


Ingin mendapatkan benih jarak bermutu? Dan dijamin bakal menghasilkan tanaman yang memiliki produksi tinggi? Benih jarak pagar Sinar Mas adalah pilihan tepat. Bahkan saat ini tersedia stok 2 ton biji jarak pagar jenis IP2 yang memiliki potensi produksi hingga 8 ton/ha/tahun.

Sinar Mas, yang telah tenar di bidang perkelapasawitan, memproduksi benih jarak sejak tahun 2007. Dengan luas kebun induk 10 ha yang dikelola oleh salah satu perusahaan grup Sinar Mas yakni PT. Bumi Mas Eka Persada, berlokasi di Cikarang. Kebun ini sendiri telah ditetapkan sebagai sumber benih oleh Direktorat Jenderal Perkebunan pada tahun 2007.

Di kebun induk tersebut, terdapat 23 ribu batang tanaman induk terpilih asal Puslitbangbun (Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan-Bogor). Pengelolaan kebun dilakukan secara profesional dan berteknologi tinggi, sebagaimana Sinar Mas mengelola perkebunan kelapa sawit.

Sinar Mas menetapkan quality control yang ketat terhadap benih yang dipasarkan. Dimana benih harus relatif seragam, memiliki daya kecambah yang tinggi, tidak ada kerusakan fisik dan bebas dari kontaminasi OPT. Tujuannya agar konsumen mendapatkan benih kualitas terbaik.

Biji yang dipilih adalah yang memiliki berat 0,6 s/d 0,8 gram. Secara fisik tidak ada keretakan, kempis atau pecah. Dan harus memiliki bentuk sempurna. Sedangkan benih di luar kriteria tersebut diafkirkan dan dijadikan biji olahan untuk minyak jarak.

Lalu biji terpilih tersebut diberi kemasan plastik transparan mencegah kerusakan selama pengiriman. Serta diberikan label merah jambu untuk menunjukkan bahwa benih tersebut adalah benih sebar atau benih untuk ditanam di kebun produksi. Dan untuk membedakan benih milik Sinar Mas dengan yang lain maka pada kemasan terdapat logo Sinar Mas. Benih dalam kemasan ini dijual dengan harga 50 ribu/kg. Dan ketika akan disalurkan kepada pengguna akan dilengkapi dengan sertifikat.

Pemuliaan Jarak
Meskipun telah memiliki tanaman IP2 yang unggul namun Sinar Mas melalui anak perusahaannya PT. Bumi Mas Eka tetap melakukan penelitian pemuliaan. Hal ini dilakukan dengan menyilangkan berbagai jenis tanaman jarak pagar untuk menghasilkan tanaman baru yang lebih unggul dari IP2.

Oleh sebab itu PT. Bumi Mas Eka Persada juga memiliki kebun koleksi dan seluas 6 ha, yang juga berlokasi di Cikarang. Adapun pada kebun tersebut ditanam berbagai jenis tanaman jarak pagar pilihan yang dikumpulkan dari berbagai wilayah di Indonesia maupun luar negeri seperti Malaysia, India dan Cina. Beberapa tanaman terpilih sudah coba disilangkan untuk mendapatkan jenis baru yang lebih unggul.

Disamping itu juga terdapat kebun percobaan seluas 24 ha untuk menanam tanaman hasil persilangan. Dan kemudian dilihat mana hasil persilangan yang memiliki kualitas yang unggul. Hasil persilangan terbaik nantinya akan juga dijadikan jenis tanaman yang layak disebarluaskan di masyarakat.

Untuk pemesanan benih ini dapat menghubungi Bapak Roy di nomor +628159555028

PT. Bumi Mas Eka Persada
Plaza BII, Menara II, Jl. M.H. Thamrin No. 51. Jakarta 10350

Tidak ada komentar: