;

Jumat, 03 September 2010

BALITTRI MENYEDIAKAN BERBAGAI LAYANAN DI BIDANG PERBENIHAN


Balai Tanaman Rempah dan Aneka Tanaman Industri (Balittri) menyediakan berbagai layanan di bidang perbenihan bagi masyarakat. Seperti, membantu proses pelepasan varietas dan menyediakan bahan tanam unggul tanaman rempah bagi masyarakat.

Balittri merupakan Balai Penelitian yang menangani komoditi tanaman rempah dan berbagai tanaman industri seperti lada, pala, cengkeh, mente dsb. Selain melakukan penelitian, Balai juga menyediakan berbagai layanan bagi masyarakat di bidang perbenihan.

Salah satu aktivitas yang dilakukan Balittri adalah membantu pemerintah daerah dalam pelepasan varietas unggul lokalnya. Dalam kaitan tersebut, Balittri "siap" melakukan seleksi terhadap populasi dari tanaman yang ingin dilepas untuk menentukan pohon-pohon terpilih, dilanjutkan pengujian dan penyusun proposal usulan pelepasan varietas untuk diusulkan pada sidang pelepasan varietas. Beberapa varietas lokal yang sudah dilepas melalui kerjasama Pemda dengan Balittri antara lain Pala Ternate, Jambu Mente Alor.

Selain itu, Balittri juga menyediakan benih unggul bermutu beberapa tanaman rempah dan industri. Menurut Dr. Agus Wahyudi, Kepala Balittri, masyarakat bisa mendapatkan benih unggul bermutu seperti jambu mente, lada dan mente melalui UPBS milik Balittri. Saat ini jarak pagar stok tersedia hingga 3 ton. Bibit lada tersedia, namun pemesanan sebaiknya 4 bulan sebelum waktu realisasi. Bibit jambu mente juga tersedia hasil dari perbanyakan grafting.

Ditambahkan Agus, Balittri juga menyediakan layanan untuk memberikan pembinaan terhadap penangkar juga berbagai aktivitas lainnya terkait indentifikasi kekayaan plasma nutfah.

Masyarakat juga bisa melihat-lihat berbagai jenis tanaman rempah dan industri koleksi Balittri. Balittri menjadikan kebun koleksinya sebagai wahana wisata agro yang dilengkapi tempat pemancingan, outbound dan jogging track. Ditempat itu masyarakat bisa menyaksikan berbagai tanaman perkebunan seperti jarak pagar, lada, vanili, kemiri sunan dsb serta proses pengolahan lada dan bio-diesel. Lokasi kebun ini berada tidak jauh dari kantor Balittri di daerah Pakuwon, Parungkuda-Sukabumi.

Sumber: Direktorat Perbenihan dan Sarana Produksi

Tidak ada komentar: