;

Minggu, 05 September 2010

VARIETAS DAMI MAS LAYAK DIJADIKAN PILIHAN


Mungkinkah dalam 2 tahun setelah menanam bibit di lapangan tanaman sawit sudah bisa dipanen? Tentu hal ini bukan sebuah hal yang mustahil jika menggunakan varietas Dami Mas milik produsen benih PT Dami Mas Sejahtera yang berlokasi di Riau.

Menariknya, jenis Dami Mas sudah mampu berproduksi hingga 25 ton TBS/ha/ tahun, pada umur tanaman 3 s.d 7 tahun. Bahkan jika dipelihara dengan baik dan intensif tanaman istimewa ini bisa mencapai produksi hingga 32 ton/ha/ tahun.

Keunggulan dari varietas ini juga terlihat pada hasil minyaknya. Pada umur 3 s.d 7 tahun dapat diperoleh hasil CPO 7 sampai dengan 9 ton/ha. Dengan ekstraksi minyak mencapai 24% dan ekstraksi kernel mencapai 6%. Tentu varietas ini tidak hanya mengutungkan petani berdasarkan produksi TBS yang tinggi namun juga buat pihak pabrik, karena bisa diperoleh minyak yang relatif banyak.

Tanaman jenis Dami Mas ini dapat mencapai tinggi 15 sampai dengan 16 meter pada umur 25 tahun. Dengan kecepatan pertumbuhan 20 sampai dengan 85 cm/tahun.

Tidak heran jika varietas ini cukup diminati pekebun kelapa sawit dan telah digunakan secara luas di berbagai wilayah pengembangan sawit. Bahkan seorang pengembang kelapa sawit di kawasan Papua, yang tidak hanya menanam beberapa varietas dari sumber benih, mengakui jika varietas Dami Mas memiliki kinerja yang sangat memuaskan.

“Rasanya belum lama menanam, koq hasilnya seperti tanaman yang sudah cukup tua”, demikian ia menuturkan kekagumannya.

Varietas ini dihasilkan tidak lepas dari tangan dingin para breeder seperti Tony Liwang, F. Dumortier, dan Triyono Widodo. Tim pemulia ini melakukan penelitian secara tekun selama kurang lebih 5 tahun di lima lokasi untuk menguji konsistensi hasil varietas yang mereka hasilkan sebelum kemudian diusulkan untuk dilepas.

Dan terbukti keunggulan varietas Dami tersebut membuat varietas tersebut dikukuhkan sebagai salah satu benih bina oleh Menteri Pertanian pada tahun 2003. Sehingga layak digunakan sebagai bahan tanaman komersial.

Pada tahun 2010 ini PT Dami mas telah mencanangkan produksi kecambah kelapa sawit sebesar 20 juta kecambah. Dengabn harapan agar masyarakat luas bisa menikmati keunggulan dari varietas ini yang dijual dengan harga Rp. 9.000/biji.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Dami Mas sih bukan layak lagi tapi No. 1