;

Minggu, 06 April 2008

SEKILAS TENTANG PEMBIBITAN PINANG


Tanaman pinang banyak tumbuh di daerah- daerah di seluruh wilayah Indonesia namun belum banyak yang mengenal dan terkesan kurang menarik untuk dibudidayakan dibandingkan dengan komoditi lain. Walaupun demikian perlu kiranya kita mulai menyentuh dan dikembangkan mengingat banyak permintaan dunia akan produksi pinang dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan petani dan devisa negara.

Pinang (Areca catechu) merupakan tanaman dari familia Palmae (Palem-paleman) yang pertumbuhannya baik pada ketinggian antara 1 – 1.400 meter d.p.l dengan curah hujan antara 2.000 – 3.000 mm / tahun dengan bulan basah antara 3 - 6 bulan atau tersedia air sepanjang tahun (pada lahan pasang surut). Tanaman pinang memerlukan penyinaran langsung untuk pertumbuhannya di lapangan untuk memperoleh produksi secara optimal.

Penyebaran pinang di Indonesia dengan areal cukup baik terdapat di 14 Propinsi antara lain 1) Nangro Aceh Darusallam (Aceh Utara, Aceh Timur, Pidie), 2)Sumatera Utara (Langkat, Deli Serang, Labuhan Batu), 3) Sumatera Barat (Padang Pariaman, Agam, Lima Puluh Kota, Sawah Lunto - Sijunjung), 4) Jambi (Sarolangun, Bangko), 5) Bengkulu (Bengkulu Selatan, Seluma), 6) Riau (Indragiri Hilir) 7) Jawa Barat (Tasikmalaya, Sumedang), 8) Jawa Tengah (Banyumas, Purbalingga), 9) Jawa Timur (Jember, Situbondo, Bondowoso), 10) Nusa Tenggara Barat (Bima, Lombok Barat, Dompu), 11) Kalimantan Barat (Kapuas Hulu, Sintang, Sanggau, Pontianak), 12) Kalimantan Selatan (Tabalong), 13) Papua (Tersebar seluruh wilayah), 14) Irian Jaya Barat (Tersebar seluruh wilayah)

Saat ini masyarakat membudidayakan tanaman pinang masih secara konvensional sehingga produksi yang dihasilkan relatif masih rendah. Salah satu penyebab rendahnya produksi tanaman pinang yang dibudidayakan petani disebabkan oleh penggunaan benih/bibit yang belum optimal sehingga perlu kiranya diberikan petunjuk teknis cara pembibitan pinang yang ideal.

Bersama ini disampaikan teknis pembibitan pinang secara bertahap sebagai berikut :

1. Lokasi pembibitan.
Sebaiknya dipilih lahan yang dekat dengan sumber air , tanah datar/rata, tanah subur dengan drainase yang baik dan dapat ternaung sedikit tanaman (pinang, kelapa) namun masih memperoleh sinar yang cukup untuk pembibitan.

2. Perlakuan Benih.
Buah pinang yang akan digunakan sebagai benih harus dipilih dengan ukuran besar dan seragam dengan ukuran berat 60 buah/kg dan sudah tua masak layu bersabut dengan warna kuning sampai orange. Selanjutnya benih direndam dalam air selama 24 jam .

3. Pembuatan bedengan dan pendederan.
Sebelum dibibitkan benih didederkan terlebih dahulu di bedengan dengan cara membuat bedengan sebagai berikut : tanah dicangkul halus dicampur dengan pupuk kandang dan ditinggikan dengan ukuran panjang dan lebar disesuaikan dengan kebutuhan sedangkan tinggi sekitar 30 cm dari tanah. Sebelum benih dideder direndam dengan air selama + 24 jam selanjutnya benih ditata dan dibenamkan ke tanah sekitar 0,5 cm letak bekas tangkai buah berada pada posisi di atas. Upayakan sedemikian rupa sehingga benih tidak saling menumpuk namun tetap saling rapat satu sama lainnya. Selama pendederan selalu dilakukan penyiraman pagi dan sore saampai tanah jenuh air. Lama pendederan umumnya cukup lama sekitar 1,5 – 2 bulan baru benih-benih pinang mulai berkecambah.

4. Pembibitan dan pemeliharaan pembibitan.
Untuk pembibitan digunakan polybag dengan ukuran disesuaikan dengan rencana umur bibit akan disalurkan apabila umur sekitar 6 – 12 bulan gunakan polybag ukuran 6 kg tanah. Polybag diisi dengan tanah yang telah dicampur dengan kompos dan pupuk SP 36 seperlunya lalu masukkan ke dalam polybag dan jangan dipadatkan. Pindahkan kecambah yang telah cukup umur dengan kriteria telah keluar kecambah sekitar 1 – 2 cm. Pada saat memindah hati-hati jangan sampai merusak perakarannya lalu tanam kecambah kedalam polybag dengan posisi leher tunas rata dengan tanah. Selanjutnya Polybag tersebut diletakkan secara teratur dengan jarak tanam antar polybag 30 X 50 cm untuk memudahkan pemeliharaan. Pemupukan dilakukan 1 bulan berikutnya dengan Urea dan Kcl dengan dosisi 20 gr/polybag, pemupukan diulang 6 bulan berikutnya dengan pupuk Urea, KCl dan SP36 dengan dosis 20 gr/polybag. Pengendalian Hama/Penyakit dilakukan dengan pengamatan dan penyemprotan bila dianggap perlu.

5. Pemindahan bibit dan Pengangkutan.
Untuk pemindahan bibit pada penanaman di lapangan disesuaikan dengan kebutuhan. Sesungguhnya bibit pinang merupakan tanaman yang cukup kuat terhadap kerusakan dalam perjalanan, namun untuk pengangkutan jarak jauh dan memerlukan perjalanan yang lama, perlu diperhatikan sebagai berikut : Upayakan dilakukan pengepakan dengan kotak dengan posisi renggang, satu kotak berisi sekitar 12 polybag yang dapat disusun 2 tingkat secara berseling sehingga tidak saling baku tindih. Dalam perjalanan perlu dilakukan penyiraman seperlunya dan dihindari dari cahaya matahari langsung dalam waktu yang lama.

15 komentar:

Anonim mengatakan...

saya memerlukan informasi pemasaran biji pinang lokal dengan jumlah 20 ton biji pinang tua kering perminggu, ada yang bisa membantu ?

Admin mengatakan...

Coba hubungi kami di nomor 085925077652

Anonim mengatakan...

Kami bisa bantu memasarkan.hub 081365901093.

Unknown mengatakan...

Saya mau pesan biji pinang batera untuk di tanam. Tp tidak tau harus pesan kemana. Ada yg bisa bantu...???

Unknown mengatakan...

Saya mau pesan biji pinang batera untuk di tanam. Tp tidak tau harus pesan kemana. Ada yg bisa bantu...???

Unknown mengatakan...

Saya mau tanya berapa harga bibit pinang siap tanam/btg. Kalau di Aceh dimana kita bisa cari bibit pinang kualitas super ?

Unknown mengatakan...

Nama saya Dewi Rumapea, saya dari Indonesia, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kredit palsu lender di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli, saya pernah tertipu dan ditipu di sini online sebelum seorang teman yang mendapat pinjaman baru menghubungkan saya dengan seorang wanita bernama Ibu Glory yang merupakan CEO dari Glory Badan Kredit. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman 500 juta dengan tingkat bunga rendah dari 2%, tidak ada jaminan, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 3 jam setelah pendaftaran pinjaman, itu mimpi datang melalui, jumlah pinjaman saya 500 juta dikreditkan di rekening bank saya hanya dalam selang waktu dua jam. Jadi saya ingin saran mereka sedang mencari untuk pinjaman di sini secara online harus berlaku untuk perusahaan asli, cepat hubungi sekarang email: di gloryloanfirm@mail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di dewiputeri9@gmail.com untuk info lebih lanjut.

helenmegarita mengatakan...

Area Aceh yang mau bibit pinang Batara, hibrida, thaiThai hub. Saya...tq

helenmegarita mengatakan...

Email
abdulazis2106@gmail.com

Unknown mengatakan...

Bisa minta wa

Unknown mengatakan...

Saya orang betara,jika saudara minat bisa hubungi saya,di no hp 085268683068

Unknown mengatakan...

Jika saudara berminat BS hubungi sy di no hp/wa 085268683068

Unknown mengatakan...

Apakah bsa bli buah pinang nyo untuk d semai sendiri pak

Sukimankapok@gmail.com mengatakan...

Dinyatakan agar biji cepat berkecambah diletakkan ditpt yg gelap. Apakah sewaktu semai dihamparan perlu diberi penutup yg gelap? Karna di penjelasan ini tdk ada dinyatakan,bahkan ditmpat terbuka.

Unknown mengatakan...

Jika anda butuh pinang batara, pinang hibrida, pinang siluang, pinang telor unggul, dapat menghubungi saya richard 08126823867