;

Rabu, 09 April 2008

BIBIT TEMBAKAU BIO-FOB HASILKAN KUALITAS PRIMA


Temanggung terkenal daerah tembakau nomor wahid di dunia, akan tetapi predikat tersebut semakin surut oleh ulah para petani sendiri. Dimana tembakau asli Temanggung yang punya aroma harum dan kadar nikotin tinggi tersebut banyak dipalsu seperti dicampur tembakau dari luar daerah, bibit tembakau diambil dari daerah luar dan diberi bahan kimia. Akibatnya, predikat tembakau yang semula meroket akhir-akhir ini menurun tajam.

H. Mad Nor merasa tergugah untuk mengembalikan tembakau Temanggung kondang kembali seperti dulu, dasarnya dari pemurniaan bibit tembakau yang dikemas secara modern, dengan sistem “Bio Fob”, sistem Bio Fob selain menjaga kualitas juga meningkatkan produksi tanaman dan menjamin kehidupan tanaman serta kesuburan tembakau.

Denplot Mat Nor + 0,5 ha tidak ada satupun yang mati, usia + 1 bulan sudah mencapai ketinggian 1 meter, padahal tembakau bibit non Bio-Fob baru mencapai 0,5 meter selain banyak yang layu , hasil produksi yang diperkirakan 4 kali lipat, karena lebar lebih tinggi batangnya. Kualitas tembakau dengan bibit Bio-Fob, akan menghasilkan kualitas tembakau yang berkualitas. Kendati ditanam di sawah dijami tidak kalah dengan tembakau dari pengunungan.

Keunggulan dari sistem Bio Fob, mempu menetralisir terhadap penularan bibit penyakit yang ada di dalam tanah, hingga kehidupan tanaman tembakau dapat terjamin. Kecuali serangan hama dari luar seperti, ulat, tentang Mad Nor. Penemuan Mad Nor membuat sistem Bio-Fob, tidak hanya tembakau, juga bibit cabe, vanili dan brokoli. Bukti riil kondisi tanaman dengan bibit sistem Bio-Fob bisa dilihat di berbagai demplot milik Mad Nor, satu kompleks ada tanaman tembakau, cabe dan vanili.

Bio Fob

Pembuatan bibit sistem Bio Fob mempunyai keunggulan dan manfaat bagi hayat hidup manusia, karena sistem ini membudidayakan tanaman ramah lingkungan. Kegunaan lain dapat mendekomposisi limbah organik atau limbah pertanian, limbah rumah tangga, hewan dan pasar. Hanya dalam waktu dua minggu dapat medekomposisi limbah pasar. Unsur mikroorganisme dapat menghambat beberapa pertumbuhan patogen tanaman, serta dapat merangsang pertumbuhan tanaman. Unsur Baccillus dapat meningkatkan produksi sampai 105%

Teknologi Bio-Fob merupakan salah satu metode yang efektif untuk mencegah penularan dan penanggulangan penyakit tanaman. Dan teknologi tersebut sudah disosialisasikan secara luas dan dikembangkan dengan sistem waralaba yang melibatkan Dinas Perkebunan dan swasta. Keberhasilan metode Bio Fobsudah teruji di berbagai tanaman seperti pada: Jahe, Tomat, kacang-kacangan, Cabe dan Jagung.Hasilnya cukup baik dalam meningkatkan produksi dan kesehatan tanaman. (Sumber: Bio-Fob)

TRAINING. Terdapat kesempatan untuk mengikuti training penguasaan teknologi Bio-FOB dengan menghubungi Balitro atau langsung kepada Bapak Dr. Ir. Mesak Tombe APU melalui ke (0251) 319605, HP.0856928381264 atau melalui email ke meori_agro@yahoo.co.id atau buka blog www.biofob.blogspot.com (milik Bapak Dr. Ir. Mesak Tombe APU)

Tidak ada komentar: