;

Senin, 05 September 2011

RENCANAKAN PENYEDIAAN BENIH SAWIT ANDA


Banyak orang beranggapan memesan benih kelapa sawit saat Anda akan segera menanam. Dan banyak pekebun yang tidak merencanakan penyediaan benih dengan baik.

Perlu diingat untuk mendapatkan benih kelapa sawit membutuhkan jangka waktu. Hal ini diakibatkan karena pemesanan benih mengikuti prosedural tertentu. Jadi tidak bisa langsung mendatangi sumber benih lalu cash and carry. Anda harus mengurus SP2BKS atau surat keterangan dari aparat terkait untuk mendapatkan benih.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan, sumber benih jarang yang memiliki stock benih. Biasanya benih diproduksi sesuai pesanan. Atau dengan penerapan system manajemen produksi benih di sumber benih konsumen masih bisa memperoleh benih pesanannya paling cepat 3 bulan. Namun tidak jarang konsumen mendapatkan benihnya setelah 1 tahun menunggu.

Seringkali karena terdesak harus segera tanam banyak pekebun yang akhirnya tergiur tawaran benih dari para oknum. Apalagi dengan janji bisa diperoleh cepat, mudah dan murah harganya. Alhasil yang dibeli bukan bahan tanam bermutu namun benih palsu.

Oleh sebab itu ketika merancang pengembangan kebun ada baiknya benih adalah sesuatu yang Anda siapkan. Lakukan pemesanan benih sebisa mungkin saat land clearing. Kemudian pastikan bahwa Anda mendapatkan benih melalui tahapan yang benar. Jika Anda bisa mendapatkan benih tanpa terlebih dahulu mendapatkan SP2BKS atau surat pendukung, tanpa tunggu atau tidak berhubungan dengan sumber benih, maka besar kemungkinan Anda mendapatkan benih palsu.

Maka rencanakan pembelian benih Anda sejak dini, pahami dan ikuti prosedur yang benar, dan kumpulkan informasi tentang benih sebanyak-banyaknya.

[Tentang Jasa Konsultan Penyediaan Benih]

Tidak ada komentar: