;

Rabu, 29 April 2009

INDONESIA AKAN EKSPLORASI KEKAYAAN PLASMA NUTFAH SAWIT BRAZIL


Indonesia akan melakukan eksplorasi materi genetis kelapa sawit ke Brazilia. Kegiatan ini ditargetkan akan dilaksanakan tahun ini. Dan saat ini pemerintah Indonesia tengah melakukan persiapan termasuk di dalamnya menyusun draft Memorandum of Understanding dengan pemerintah Brazil.

Brazil merupakan negara asal kelapa sawit untuk jenis Elaeis oleifera. Namun di negara tersebut kelapa sawit belum berkembang seintensif industri sawit di Indonesia. Adapun jenis yang akan dikumpulkan Tim eksplorasi asal Indonesia adalah jenis Elaeis oleifera, baik turunan Sinu, Coari, dan Manicoari, yang kesemuanya dapat ditermukan di daerah Amazona, sebelah utara negara Brazil.

Eksplorasi plasma nutfah jenis Elaeis oleifera diharapkan dapat memperkaya keragaman hayati kelapa sawit di Indonesia yang pada umumnya menggunakan kelapa sawit jenis Elaeis guineensis asal Afrika. Kelapa sawit jenis Elaeis oleifera memiliki beberapa penciri utama yang lebih unggul dibandingkan dengan jenis Elaeis guineensis, yaitu tingginya nilai Carotene.

Disamping itu laju pertumbuhan sawit jenis ini lebih lambat sehingga tanamannya tidak setinggi jenis Elaeis guineensis. Materi genetis tersebut nantinya akan digunakan dalam persilangan untuk menghasilkan jenis sawit silangan baru yang memiliki karakteristik yang unggul.

Sebagai pertukaran dari materi genetis yang diperoleh dari Brazil, Indonesia akan menyumbangkan beberapa materi genetis, milik sumber benih nasional. Baik jenis tenera, atau tanaman jantan maupun dura, tanaman betina.

Tidak ada komentar: