;

Jumat, 13 April 2012

Topaz dan Socfindo Hanya Dijual dalam Bentuk Kecambah


“Pak apakah saya bisa mendapatkan bibit Topaz atau Socfindo?” tanya seorang calon pekebun.

“ Tunggal Yunus dan Socfindo tidak menjual bibit pak tapi dalam bentuk kecambah”, jawab saya.

“ Oh, begitu pak. Terima kasih atas informasinya”.

Beberapa bulan kemudian si calon pekebun menghubungi saya. “ Ternyata Bapak salah. Saya sudah beli bibit topaz dan Socfindo siap tanam” , ungkapnya dengan rasa bangga.

Mendengar itu, saya merasa miris. Bagaimana tidak. Ada banyak calon pekebun yang mengambil keputusan menurut apa yang ingin ia dengar dan harapkan.

Nyatanya, Tunggal Yunus yang memproduksi Topaz dan Socfindo tidak pernah menjual bahan tanam dalam bentuk bibit. Kalaupun Socfindo pernah menyalurkan bibit umur 3 bulan, bukan dalam kaitan bisnis benih melainkan bentuk kegiatan CSR.

Namun mengapa banyak orang dengan mudahnya terpengaruh akan informasi akan adanya bibit Topaz atau Socfindo dari sumber-sumber lain?

Karena mereka begitu membutuhkan bibit, di sisi lain mereka tidak pernah melakukan perencanaan sebelumnya.

Oleh sebab itu jangan mudah percaya isu. Jangan mudah mengambil keputusan pembelian benih karena murah atau mudah mendapatkannya. Tapi konfirmasi informasi tersebut dari sumber-sumber terpercaya seperti Dinas Perkebunan atau sumber benih bersangkutan.

3 komentar:

ct mengatakan...

dimana alamat kami bisa membeli kecambah bibit topaz bersertifikat?
Terima kasih

Unknown mengatakan...

Setau saya Cuma di P.T HSJ (asian agri) yg menjual bibit topas siap tanam itu juga karena perusaan yg membudidayakan harga kurang lebih 35 atau 40 ribu perpohon di jamin Topaz asli karena mereka juga menanamnya.

Unknown mengatakan...

Info distributor dan cara membeli kecambah topas dan socfindo dong