;

Senin, 12 Desember 2011

SOCFINDO MENGIDENTIFIKASI SAWIT TAHAN GONODERMA

Gonoderma merupakan momok pada perkebunan kelapa sawit khususnya pada kebun-kebun yang sudah replanting. Karena hingga saat ini belum ada pestisida yang mampu mengatasi penyakit ini secara efektif.

Namun kabar baiknya, PT Socfindo sudah berhasil mengindentifikasi jenis-jenis tanaman yang resisten terhadap Gonoderma. Menurut Eko Darmawan,Kabag Pemasaran PT Socfindo, sudah ditemukan beberapa persilangan yang tahan penyakit diakibatkan jamur tersebut, meskipun masih bersifat partial resistant.

“Saat ini Socfindo sedang melakukan konfirmasi ulang agar bisa diperoleh tanaman sawit yang benar-benar tahan Gonoderma. Mudah-mudahan tahun 2013 varietas ini sudah bisa kami rilis”, tuturnya.

Socfindo sendiri merupakan salah satu sumber benih yang berada di Sumatera Utara. Adapun varietas unggulan yang ditawarkan antara lain DxP Unggul Socfindo (L) dan DxP Unggul Socfindo (Y). Dengan keunggulan, produksi rata-rata hingga 30 ton TBS /ha/tahun dan rendemen minyak dari sawit asal Socfindo bisa mencapai 25 persen.

Sumber: www.mediaperkebunan.net

Tidak ada komentar: