;

Sabtu, 17 Juli 2010

TERSEDIA BIBIT TANAMAN HUTAN LANGKA DI BANTUL


Baru-baru ini kami mengadakan perjalanan ke daerah Bantul, Propinsi DI Yogyakarta. Ternyata wilayah tersebut memiliki sejumlah potensi perkebunan dan kehutanan yang belum diketahui secara luas. Disana kami menjumpai varietas tembakau unggul lokal yang tengah diusulkan menjadi benih bina yang disebut “Selok” yang memiliki keunggulan dari segi cita rasa. Selain itu kami juga menjumpai kebun induk Jambu Mente varietas Meteor yang kacangnya terkenal cukup enak disantap. Setiap kali panen mente asal Bantul ini langsung "ludes" diborong oleh pengumpul.

Namun disamping tanaman perkebunan, Kabupaten Bantul menyimpan potensi kehutanan. Memang sudah lama diketahui bahwa masyarakat di daerah ini gemar menanam tanaman hutan seperti Jati, Mahoni maupun Segon. Hanya, tidak saja tanaman tersebut yang ada di wilayah ini termasuk juga berbagai tanaman hutan yang langka semacam cendana, jenis tanaman jati tertentu.

Menariknya selain bisa memperoleh kayu, kitapun bisa mendapatkan sejumlah bibit tanaman hutan termasuk langka. Adapun jenis tanaman yang bisa diperoleh antara lain:

1. Negosari
2. Keben
3. Ringin
4. Kemenyan
5. Timogo
6. Kepundung
7. Kepel
8. Cendana
9. Kemiri
10. Sawo Kecik
11. Sawo Beludru
12. Jati
13. Mahoni

Dan bibit tanaman ini bisa diperoleh dalam jumlah besar karena ada yang menyediakan. Bahkan saat ini sudah tersedia dalam polibag dengan ukuran tanaman lebih dari 1 meter. Salah satu penangkar tanaman kehutanan telah bekerjasama dengan Benih Center untuk menyebarkan informasi bibit yang mereka sediakan.

Oleh sebab itu bagi rekan-rekan yang ingin membeli bibit tanam di atas dapat menghubungi kami Benih Center melalui nomor 085925077652.

Tidak ada komentar: