;

Rabu, 07 Juli 2010

DAPATKAN BENIH SAWIT UNGGUL PPKS DI BALIT KARET SEMBAWA


Saat ini kecambah sawit unggul bermutu Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan dapat diperoleh di Balai Penelitian Karet Sembawa. Sejak tahun 2005, Balai Penelitian yang berlokasi di Sumatera Selatan tersebut telah menjalin kerjasama waralaba benih dengan PPKS Medan. Sehingga Balit Sembawa mendapatkan wewenang memasarkan benih unggul dari sumber benih asal Sumatera Utara tersebut.

Jenis varietas yang dapat diperoleh dari Balai Penelitian Karet Sembawa cukup beragam antara lain Simalungun, Langkat dan Yangambi yang seluruhnya memiliki potensi produksi di atas 30 ton/ha/tahun. Menariknya, Balai Penelitian Karet Sembawa dapat memenuhi permintaan benih sawit hingga 2 juta kecambah setiap tahunnya.

Pemesanan benih melalui Balai Penelitian Karet Sembawa mengikuti prosedur pemesanan benih yang berlaku. Yakni dengan terlebih dahulu mendapatkan SP2BKS dari Dinas Perkebunan Propinsi atau Kabupaten yang kemudian dilampirkan pada surat pemesanan ke Balai Penelitian Karet Sembawa.

Namun untuk pemesanan benih kurang dari 5.000 kecambah konsumen cukup dilampiri dengan Surat Keterangan dari lurah atau kelapa desa. Namun tanpa dokumen pendukung tersebut pemesanan benih tidak akan dilayani.

Sumber: Direktorat Perbenihan dan Sarana Produksi

7 komentar:

Aldi mengatakan...

Gimana kalau saya cuma butuh 500 bibit unggul tersebut, dimana saya mendapatnkannya, karena saya punya lahan hanya bisa sejumlah tersebut,.. mohon kiranya informasi penjelasannya,..

Terima kasih,
Hormat saya
Aldi jahaludin Mersah

Anonim mengatakan...

Saya mulyadi dari Muba, Mohon Info Harga serta prosedur pembelian bibit unggul dari PPKS, mohon info secepatnya. Tks

Admin mengatakan...

Cara mendapatkan bibit dari PPKS adalah dengan membeli dari pewaralaba PPKS yang ada tersebar di berbagai wilayah. Untuk pemesanan langsung ke penangkar namun pada waktu akan dibeli harus disertifikat oleh Balai Benih setempat. harga bervariasi antara 27 sd 40 ribu sesuai dengan umur (biasanya diatas 9 bulan) dan lokasi

Anonim mengatakan...

kalau harga bibit unggul dari PPKS per 1 pohon siap tanam berapa?

Mari Bertani mengatakan...

kalau mau beli bibit apa bisa langsung keareal balit dan melakukan transaksi pembelian?

Admin mengatakan...

@ Mari bertani: silahkan saja langsung menghubungi Balit

Tjandrawan mengatakan...

Utk daerah kalteng apakah ada pembibitan? Bila ada, siapa yg bisa kami hubungi? mohon no telp nya.