;

Rabu, 13 Juli 2011

ASAL TANAMAN INDUK TANIA SELATAN


PT. Tania Selatan merupakan salah satu sumber benih kelapa sawit di Indonesia. Mengapa produsen benih, yang merupakan anak perusahaan WILMAR GROUP ini, layak dijadikan pilihan?

Tak lain karena tanaman induk yang digunakan untuk menghasilkan kecambah merupakan pohon terpilih. Konon populasi Dura yang digunakan oleh sumber benih ini adalah keturunan Dura Deli terseleksi di Malaysia dan Papua Nugini: Dura Harrison & Crosfield, Dura Chemara, dura MARDI, dura socfin dan dura Dami.

Sedangkan populasi psifera diintroduksi dan diseleksi di Costa Rica. Total, produsen benih ini memiliki tanaman induk sebanyak 117 famili dura dan 30 famili tenera/psifera asal Costarica.

Tidak heran, varietas yang dihasilkan PT. Tania Selatan memiliki sejumlah keunggulan. Selain memiliki produksi tinggi, tanaman asal produsen benih di Sumsel ini relatif handal ketika ditanam di areal marginal, khususnya lahan kering. Terbukti, produksi di atas 28 Ton TBS/ha/tahuan di areal kelas 3 (khususnya kering) bisa dicapai dengan varietas ini, apalagi di lahan kelas 1.

Tidak ada komentar: