;

Kamis, 18 Maret 2010

MEMBIBITKAN DAN MENANAM BENIH KENAF


Kenaf merupakan salah satu komoditas perkebunan yang menghasilkan serat sebagai bahan baku karung. Selain itu, juga dapat digunakan sebagai bahan baku pulf. Tanaman semusi ini dapat tumbuh mulai dari pesisir sampai 1.200 m di atas permukaan laut. Namun ketinggian optimal 0 – 600 di atas permukaan laut.

Terkait dengan pembibitan dan penanaman benih kenaf ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar diperoleh tanaman yang sehat.

Adapun bahan tanaman yang digunakan menggunakan varietas yang suda dilepas oleh Menteri Pertanian. Dan sebagaian besar varietas unggul kenal dapat diperoleh di Balai Penelitian Tanaman Tembakau dan Serat (Balittas) Malang.

Benih-benih yang hendak dibibitkan, sebaiknya direndam dahulu 12 – 18 jam, kemudian ditaruh di tempat lembab. Setelah lembaga keluar, baru ditanamn di pembibitan. Tanaman di pembibitan sampai umur 7 sampai 10 hari setelah itu dipindahkan ke lapangan.

Namun tanaman kenaf selain melalui pembibitan lebih dahulu dapat pula ditaman langsung benihnya. Untuk penanaman langsung, benih ditanaman dalam lobang sedalam 2 -3 cm, 4 -6 biji tiap lobang dan kemudian ditutup dengan tanah sekedarnya.

Pada waktu menanam bedengan harus dalam keadaan lembab kapasitas lapang. Dan waktu bertanam yang baik adalah pada awal musim hujan.

Tidak ada komentar: