;

Kamis, 24 September 2009

KECAMBAH SAWIT UNGGUL BERMUTU TIDAK HANYA BERSERTIFIKAT NAMUN....

Banyak oknum yang mencoba menawarkan benih oplosan dengan klaim“ menjual benih (kecambah) bersertifikat”. Seolah-olah sertifikat hanya satu-satunya jaminan legalitas dan kualitas benih kelapa sawit.

Sesungguhnya benih asal sumber benih dilengkapi beberapa dokumen pelengkap dari sertifikat. Antara lain “Packing List”, Berita Acara Serah Terima Barang”, “Daftar Persilangan’ dan “Dokumen lainnya saat pengambilan kecambah kelapa sawit. Dan benih tersebut dikemas dalam plastik dengan label yang khas dan dikirim menggunakan peti bersegel.

Gambar. Contoh Dokumen Pelengkap

Petugas dari Balai benih akan memeriksa kelengkapan dokumen tersebut saat akan pengiriman atau kecambah tiba dilokasi. Biasanya benih palsu terdeteksi oleh ketidaklengkapan berkas-berkas tersebut.

Namun ada saja oknum yang mencoba memalsukan dokumen-dokumen tersebut. Namun biasanya akan terdeteksi ketika penyocokan kode atau nomor yang tertera pada dokumen dengan yang tercatat pada sumber benih asal benih yang diklaim. Jika tidak cocok dipastikan “oplosan”.

Saran terbaik bagi calon konsumen agar terhindar dari korban penipuan “oknum pengedar benih palsu” adalah dengan membeli langsung kecambah dari sumber benih. Sedangkan untuk bibit sawit, belilah dari penangkar yang memiliki kerjasama waralaba dengan sumber benih. Dan jangan mudah tergoda untuk membeli benih yang ditawarkan oleh oknum dengan klaim “benih bersertifikat”. Karena kecambah bermutu akan dilengkapi sejumlah dokumen penting lainnya.

Tidak ada komentar: