;

Minggu, 06 Februari 2011

MENCEGAH PENYAKIT LAYU DAN NEMATODA PADA PEMBIBITAN NILAM

Tanaman nilam sangat rentan terhadap serangan penyakit layu dan nematoda. Oleh karena itu sebelum menetapkan calon lahan untuk pembibitan perlu mendapat beberapa perhatian antara lain :

Untuk mengurangi penyebaran penyakit layu sebaiknya lahan yang digunakan merupakan lahan baru, minimal selama 3 ( tiga) tahun tidak ditanami dengan tanaman yang dapat menjadi inang dalam penyebaran penyakit layu seperti tomat, terong, kentang, dan lain-lain.

Untuk mengurangi penyebaran nematoda maka pengolahan tanah harus sempurna, untuk itu perlu dilakukan pengolahan tanah beberapa kali.

Sebaiknya kebun pembibintan mempunyai sumber air yang dapat diambil pada saat musim kemarau, penyiraman dilakukan secukupnya.

Media yang dipakai dalam polibag sebaiknya menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang yang telah matang (bukan pupuk kandang yang masih baru) yang bebas penyakit dengan pemberian desinfektan.

Untuk pembibitan sebaiknya tidak pada lahan yang terlalu terbuka dan menggunakan naungan (paranet).

Serta melaksanakan pemupukan dan pemeliharaan sesuai dengan standar teknis yang telah ada dan menggunakan benih yang berasal dari sumber benih resmi dan bersertifikat.

Tidak ada komentar: